PRINSIP DESAIN BUSANA

20 Apr

Prinsip – prinsip desain

 Image

1.  Harmoni adalah prinsip desain yang menimbulkan kesan kesatuan. harmoni dapat dicapai melalui kesesuaian antara bagian setiap unsur pembentuknya.

2.  Proporsi adalah perbandingan antara bagian satu dengan yang dipadukan. untuk mendapatkan susunan proporsi yang sesuai, harus diketahui bagaimana menciptakan hubungan jarak yang tepat atau membandingkan ukuran objek yang satu dengan objek yang dipadukan secara proporsional.

3.  Balance adalah keseimbangan yaitu hubungan yang bagus antara bagian – bagian dalam suatu desain. ada 3 macam keseimbangan yaitu : keseimbangan Simetris, keseimbangan asimetris dan keseimbangan obvicus

4.  Irama. irama dalam desain dapat menimbulkan kesan gerak gelumai yang berurutan dari satu bagian ke bagian yang lain, sehingga akan membawa pandangan mata dari satu bagian ke bagian yang lain. Irama dapat diciptakan melalui : pengulangan bentuk secara teratur, perubahan atau peralihan ukuran, melalui pancaran atau radiasi.

5.  Aksen. aksen merupakan pusat perhatian yang pertama kali membawa mata pada sesuatu yang menarik dalam suatu rancangan.

6.  Unity atau kesatuan merupakan sesuatu  yang memberikan kesan adanya keterpaduan setiap unsur.

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: